Beda jalan, beda tantangan, beda kesuksesan

17/12/2009

Terkadang kita berpikir bahwa kesuksesan itu ialah ketika kita sudah kaya dan hidup berkecukupan. Padahal, kehidupan ini menyajikan banyak sekali jalan yang bisa kita tempuh. Berbeda jalan yang kita tempuh, berbeda pula tantangannya.

Karena itu, ketika kita tidak berada di jalan yang kita inginkan (misalkan ketika kita tidak lulus pada jurusan yang kita diinginkan), belum berarti kita gagal dalam mencapai kesuksesan. Yang terjadi hanyalah, kita hanya tidak bisa mengambil jalan kesuksesan yang kita inginkan, tapi kita tetap bisa mengambil jalan-jalan kesuksesan lainnya. Berbeda jalan yang kita tempuh, maka akan berbeda pula tantangannya, berbeda pula arti kesuksesannya.

Sebagai contoh, kesuksesan bagi seorang pemain bola bukanlah ketika ia mendapat gaji yang tinggi, namun kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika ia mendapatkan penghargaan dan/atau mengantarkan timnya mendapat penghargaan. Begitu juga dengan seorang guru, tantangannya adalah agar ia mampu mendidik para muridnya menjadi orang yang berhasil. Sehingga ketika muridnya sudah berhasil, maka guru itu sudah dikatakan sukses.

Karena itu, janganlah kita menyombongkan diri dengan kesuksesan kita, dan menganggap orang lain telah gagal mencapai kesuksesannya. Karena kita tidaklah mengetahui dengan jelas, jalan apa yang sedang ditempuh oleh seseorang. Dengan begitu indikator kesuksesannya pun tidak kita ketahui.
Hendaknya kita menghormati setiap jalan yang ditempuh oleh orang lain, dimana ia akan menghadapi tantangan yang berbeda dengan yang kita hadapi. Karena itulah, sukses itu banyak macamnya, tergantung dari jalan kesuksesan mana yang kita tempuh. Kita sendirilah yang menentukannya, kita yang mengaturnya. Ketika kita telah menggapainya, itulah yang merupakan arti sukses yang sebenarnya. Bukan pada pujian atau perkataan dari orang lain. Diri kita, kita sendirilah yang paling mengetahuinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: